Soran Bushi

SORAN BUSHI ( ソーラン節)



Hai minna! Mimin mau bagi info nih,
Kemarin ketika demo ekskul kami menampilkan tarian soran bushi. Lantas, apa itu soran bushi dan berasal dari mana tarian itu? Mari kita simak tulisan abstrak dibawah ini.
Soran Bushi adalah lagu tradisional/folksong dari Hokkaido, Jepang Utara. Sementara tariannya sendiri, yang Namanya adalah soran bushi juga, berkisah tentang cara kerja Nelayan dalam memancing dan menangkap ikan. Ada gerakan yang seperti menarik jaring, dan ada gerakan seperti melempar jaring. Ada juga gerakan yang seolah olah menggambarkan ombak.
Selama dalam tarian dan lagu itu ada kata-kata: “Dokkoisho!” “Dokkoisho!” “Soran!” “Soran!” disebutkan. Kata-kata yang digunakan di masa lalu untuk menyemangati para nelayan selama bekerja.
Gerakan-gerakan dari tarian Soran Bushi ini bisa dibilang sangat cepat. Para penari harus bisa bergerak secara lincah dan kompak, karena ada gerakan di mana para penari harus melakukannya secara bersamaan sembari berteriak secara bersamaan pula. Kekompakan gerakan dan teriakan sangat penting dalam tarian ini.
Tarian ini tidak hanya popular di Hokkaido, tapi menyebar seluruh Jepang dan dijadikan kurikulum atau pembelajaran wajib di sekolah-sekolah di Jepang.

Bagaimana? Tertarik tak? Keren kan tariannya? Iyadong. Hehe
Dilihatnya memang gampang, tapi kuncinya di kekompakan.
Oke, sekian dari mimin, Arigatou gozaimasu and mimin manukcilikx signing out. Sayonara~



Written By: Devara Alvian Baihaqi
Edited By: Anhar B.K.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.