Huruf-Huruf dalam Bahasa Jepang


HURUF-HURUF DALAM BAHASA JEPANG
Hai semuanyaa!!! Oke, sebelum kita mulai materi ini mimin dan segenap kru yang bertugas mengucapkan Selamat menunaikan ibadah puasa, kalo ga menunaikan yaudah *plak*. Btw ini mau bahas apaan sih? Kita hari ini akan membahas huruf yang digunakan di Bahasa jepang.
Huruf yang diguanakan di Bahasa jepang ada 4, yaitu hiragana, katakana, kanji dan romaji.
1.     Hiragana
Huruf Hiragana yang ada di Jepang ini merupakan salah satu huruf yang cukup sering digunakan di Negara Jepang. Hal yang harus kita pahami, pelafalan yang ada di dalam huruf Hiragana ini tidak sama dengan alphabet yang kita gunakan di Indonesia.

Merunut pada sejarahnya, Hiragana merupakan sebuah bentu penyederhanaan dari huruf kanji yang telah digunakan China pada abad ke-5. Jadi, di awal perkembangannya, huruf abjad Hiragana ini tidak langsung bisa diterima oleh Jepang karena kaum elit jepang pada masa itu menolah untuk menggunakan huruf Hiragana dan hanya mau menggunakan huruf kanji saja. Tetapi, karena pada masa itu kaum perempuan di Jepang tidak diperkenankan untuk mempelajari huruf Kanji, maka kaum perempuan beralih untuk mempelajari huruf Hiragana. Hal itulah yang membuat huruf Hiragana menjadi populer dan dikenal sebagai Onnade, yang mana berarti huruf wanita. Alhasil, huruf abjad Hiragana ini mulai diunakan secara meluas pada abad ke-10 Masehi.

Dan ini apa saja huruf hiragana. Ada 46 dari A-N

Kegunaan Huruf Hiragana :
1.     Akhiran menulis kata (okurigana, ). Contoh: okuru (kirim) tertulis: . okurigana biasa bercetak tebal.
2.     tulis keterangan (adverbia), beberapa kata benda (noun) dan kata sifat
3.     kata-kata yang Kanji penulisan tidak diketahui atau belum digunakan.
4.     menulis bahan bacaan anak-anak seperti buku teks, animasi dan komik (manga).
5.     menulis furigana, juga dikenal sebagai ruby, yaitu teks kecil di atas kanji, yang menunjukkan kata dibaca.


2.     Katakana
Katakana adalah salah satu dari tiga cara penulisan bahasa Jepang. Katakana biasanya digunakan untuk menulis kata-kata dari bahasa asing telah diserap ke dalam bahasa Jepang (外来 / Kosakata dari bahasa asing dalam bahasa Jepang) tetapi juga digunakan untuk menulis kata-kata onomatope dan asli Jepang, itu semua hanya untuk penegasan saja.


3.     Kanji
Kanji Secara harfiah berarti "karakter Han", atau “Unicode Han” adalah karakter Cina yang digunakan dalam bahasa Jepang. Kanji adalah salah satu dari empat set karakter yang digunakan dalam penulisan modern Jepang selain kana (katakana, hiragana) dan romaji.

Untuk mengetahui list huruf kanji dari banyaknya strokes/goresan, bisa mampir ke sini : Awas Link bro!


4.     Romaji
Rōmaji adalah bagaimana menulis (alihaksara) Bahasa Jepang menggunakan abjad Latin.


Dah sekian kutipan materi dari mimin, semoga dapat mencerahkan pikiran anda di bulan yang penuh berkah dan libur ini. Aamin.


Mimin #1 signing out!

Written by : Devara A.
Edited by  : Anhar B.K.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.