Daruma san ga Koronda


DARUMA-SAN GA KORONDA

Hai minna >.< maaf dah lama gak update hehe, kali ini mimin mau jelasin apa itu permainan Daruma-san ga Koronda. Btw, kalian udah pernah dengar game itu atau bahkan main game itu belum? Jika belum tau, yuk sama sama simak penjelasannya.
  




            Daruma-san ga Koronda (Hiragana: だるまさんがころんだ) adalah permainan rakyat yang berasal dari Jepang, dan dimainkan oleh tiga orang atau lebih. Permainan ini juga dimainkan di beberapa negara lain, di amerika misalnya diberi nama Red Light Green Light. Dalam permainan ini, ada yang bernama Oni yang bertugas sebagai penjaga pos, lalu sisanya berperan sebagai pemain. Oni bertugas menjaga pos dan menangkap semua pemain. Berikut adalah teknik bermainnya :

            Untuk menentukan Oni, semua pemain melakukan hompimpa atau suten. Jika dari semua pemain ada satu orang yang kalah, dialah yang bertugas menjadi Oni. Jika sudah ditentukan, Oni mulai menutup mata dan para pemain berteriak “Hajime No Ippo!” Langkah pertama, atau tanda mulainya permainan. Penjaga pos melihat ke depan pos atau tutup mata dan berteriak “Daruma-san ga Koronda!” dan ketika kata “Koronda”, para pemain berhenti bergerak. Lalu Oni berbalik arah dan melihat para pemain yang masih bergerak ketika kata itu diucapkan. Bila mana ada yang bergerak, Oni menunjuk pemain yang bergerak itu dengan menyebutkan namanya, atau hanya menunjuk pemain tersebut.







            Pemain yang sudah tertangkap lalu pergi ke pos sebagai tawanan, dan menunggu giliran untuk dibebaskan oleh pemain lain. Pemain yang 'selamat' tidak akan bisa jalan sampai Oni berkata "Daruma-san ga koronda". Saat Oni berkata itulah para pemain 'selamat' mampu membebaskan tawanan. Pemain dapat membebaskan tangan dengan cara menepuk gandengan tangan tawanan sambil berkata “Kitta!” (Putus). Kecuali, tawanan yang belum dibebaskan, semua bekas tawanan harus berlari sekencang kencangnya. Lalu Oni memerintahkan mereka untuk berhenti berlari dengan berkata “Tomare!” (Berhenti). Setelah para permain berhenti berlari, Oni berjalan dengan kaki lebar untuk mendekati para pemain dan menepuk pemain untuk dijadikan sebagai Oni yang baru.

            Itu saja kutipan dari mimin, kurang lebihnya mohon maaf, admin manukcilikx sign out.


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.